NewS'cience

Tuesday 30 November 2010

Sembilan Peringkat Teratas Jembatan Terpanjang di Dunia

  9th. The Seven Mile Bridge,Florida,Amerika Serikat (10.900 meter)

         Berjalan melalui saluran antara Teluk Meksiko dan Selat Florida, menghubungkan Key Vaca (lokasi kota Marathon, Florida) di Middle Keys ke Little Duck Key di Lower Keys . Di antara jembatan terpanjang yang ada saat dibangun, ini adalah salah satu dari banyak jembatan AS 1 di Keys, mana jalan disebut Overseas Highway.






8th. San Mateo-Hayward Bridge (11.200 meter)
       Biasa disebut San Mateo Bridgeadalah sebuah jembatan penyeberangan California San Francisco Bay di Amerika Serikat, menghubungkan Semenanjung San Francisco dengan East Bay. Ujung barat jembatan berada di Foster City, sedangkan ujung timur jembatan ini di Hayward. Jembatan dimiliki oleh negara bagian California, dan dijaga oleh Caltrans, badan jalan raya negara.





7th. Confederation Bridge,New Brunswik,Kanada (12.900 meter)
       Jembatan Konfederasi (Prancis: Pont de la konfederasi) adalah sebuah jembatan yang  menghubungkan Prince Edward Island dengan daratan New Brunswick, Kanada. Jembatan tersebut biasa disebut sebagai "Fixed Link" oleh penduduk Prince Edward Island sebelum penamaan resmi. Konstruksi berlangsung dari musim gugur 1993 hingga musim semi tahun 1997, biaya pembuatan $ 1,3 milyar atau Rp 3,9 triliyun  pada jaman itu,kalau di kurskan sekarang sekitar Rp13,6 triliyun. Jembatan (8 mil) 12,9 kilometer panjang,dibuka dann diresmikan pada tanggal 31 Mei 1997.









6th. Rio-Niterio Bridge, Rio de Janeiro-Niteroi, Brazil(13.300meter)
      Jembatan Rio-Niteroi merupakan jembatan dengan struktur beton bertulang yang menghubungkan kota-kota Rio de Janeiro dan Niteroi di Brasil. Pekerjaan konstruksi dimulai secara simbolis pada tanggal 23 Agustus 1968, di hadapan Ratu Elizabeth II dari Britania Raya dan Pangeran Philip, Duke of Edinburgh, kali pertama mereka dan sejauh ini hanya kunjungan ke Brasil. Realisasi pekerjaan dimulai pada bulan Januari 1969, dan dibuka dan diresmikan pada tanggal 4 Maret 1974.
Nama resminya adalah "Presiden Costa e Silva Jembatan", untuk menghormati presiden Brasil yang memerintahkan konstruksi. "Rio-Niteroi" dimulai sebagai sebuah julukan deskriptif yang segera menjadi lebih dikenal daripada nama resmi. Hari ini, hampir tidak ada orang menyebutnya dengan nama resmi.




5th. Penang Bridge,Penang,Malaysia (13.500 meter)
        Jembatan Penang (Jembatan Pulau Pinang dalam bahasa Melayu)adalah sebuah jembatan tol dual-jalur lalu lintas yang menghubungkan Gelugor di pulau Penang dan Seberang Prai di daratan Malaysia di Semenanjung Melayu. Jembatan ini juga terkait dengan Expressway Utara-Selatan di Prai dan Jelutung Expressway di Penang. Secara resmi dibuka untuk lalu lintas pada tanggal 14 September 1985. Total panjang jembatan adalah 13,5 km (8.4 mil), sehingga di antara jembatan terpanjang di dunia, jembatan terpanjang di negara tersebut. PLUS Expressway Berhad adalah pemegang konsesi yang mengelola itu.




4th. The Vasco da Gama Bridge,Vasco Da Gama,Portugal (17.200 meter)
        (Portuguese: Ponte Vasco da Gama, Pron IPA:)  merupakan jembatan dengan sistim cable stayed diapit oleh viaducts dan jalan yang terbentang Tagus Sungai dekat Lisbon, ibukota Portugal. Ini adalah jembatan terpanjang di Eropa (viaducts termasuk), dengan total panjang 17,2 km (10,7 mil), termasuk 0,829 km (0.5 mil) untuk jembatan utama, 11,5 km (7.1 mil) di viaducts, dan 4,8 km (3.0 mi) di jalan akses khusus. Tujuannya adalah untuk mengurangi kemacetan di jembatan lain Lisbon's (25 de Abril Bridge), dan untuk bergabung sebelumnya jalan raya tidak berhubungan memancar dari Lisbon.





3rd. King Fahd Causeway,Bahrain,Arab Saudi (12.400 meter)
       King Fahd Causeway adalah kombinasi beberapa jembatan-bendungan (tanggul) menghubungkan Khobar, Arab Saudi, dan the island nation of Bahrain.. Perjanjian konstruksi Bahrain A ditandatangani pada 8 Juli 1981 menyebabkan konstruksi awal tahun depan. landasan itu diletakkan pada tanggal 11 November 1982 oleh Raja Fahd dari Arab Saudi dan Sheikh Isa bin Salman al-Khalifa dari Bahrain; konstruksi terus dilakukan hingga tahun 1986, ketika kombinasi dari beberapa jembatan dan bendungan telah diselesaikan. Lalan lintas secara resmi dibuka untuk digunakan pada tanggal 25 November 1986.






2nd. Donghai Bridge,Shanghay,Cina (32.500 meter)

        Donghai Bridge ( "Laut Timur Grand Bridge") adalah jembatan lintas laut terpanjang di dunia dan jembatan terpanjang di Asia. Selesai pada tanggal 10 Desember 2005. Jembatan ini memiliki total panjang 32,5 kilometer (20,2 mil) yang menghubungkan Shanghai dan port Yangshan lepas pantai dalam  di Cina. Sebagian besar jembatan adalah jembatan tingkat rendah. Ada juga jembatan cabel stay pada bangian tengah jembatan  untuk memungkinkan lewatnya kapal-kapal besar.





1st.  The Lake Pontchartrain Causeway,Lousiana,Amerika Serikat (38.420 meter)
        The Lake Pontchartrain Causeway, atau Causeway, terdiri dari dua jembatan paralel yang merupakan jembatan terpanjang di dunia saat ini.Jembatan paralel ini menyeberangi Danau Pontchartrain di Louisiana selatan. Panjang jembatan adalah 23,87 mil (38,42 km). Jembatan ini didukung oleh lebih dari 9.000 tiang yang beton. Kedua jembatan fitur spans bascule di atas saluran navigasi berada 8 mil (13 km) dari pantai utara. Ujung selatan dari dam di Metairie, Louisiana, pinggiran New Orleans. Ujung utara berada di Mandeville, Louisiana.

No comments:

Post a Comment